Sunday, April 3, 2016

MOTIVASI KULIAH

Assalamualaikum wr. wb.

Sudah lama tidak mengisi postingan di blog pribadi saya ini. Saya ingin sedikit menuangkan apa yang ada di pikiran dan hati saya.
Tak terasa sudah sekitar 7 bulanan saya kuliah di Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia. Banyak mendapatkan ilmu, pengetahuan dan teman baru, sangat menyenangkan. Mendapat berbagai macam dosen-dosen yang mempunyai karakteristiknya masing masing sungguh sesuatu pengalaman tersendiri buat saya. Biar bagaimanapun mereka tetap dosen yang harus kita hormati.
Yang lebih menarik adalah teman teman kuliah saya, dengan berbagai latar belakang mereka berkuliah dan sekelas bersama saya. Menilai karakteristik masing masing mereka, dan yang lebih menarik adalah melihat motivasi mereka kuliah.
Menurut saya motivasi kuliah mereka bisa ditarik garis besar, yaitu :
1. Kuliah untuk mendapatkan ilmu / pengetahuan
2. Kuliah untuk hanya mendapatkan ijasah saja
3. Kuliah untuk mencari teman / jodoh.

Motivasi kuliah untuk mendapatkan ilmu / pengetahuan adalah motivasi yang kuat, yang dimana dia akan belajar dengan sungguh sungguh dan otomatis ijasah serta pekerjaan yang lebih baik akan bisa didapatkan.
Motivasi kuliah untuk hanya mendapatkan ijasah saja adalah motivasi yang baik tapi tidak kuat, karena dia hanya akan mengejar 'syarat wajib lulus' saja, yaitu absensi, tugas, serta ujian. Entah mereka mengerti atau tidak tentang materi kuliah itu urusan belakangan, yang penting mereka mendapat nilai dan bisa lulus serta mendapatkan ijasah.
Dan yang saya heran ternyata di kelas saya masih ada yang kuliah untuk mencari jodoh, ini jelas terlihat sekali sikap dua sejoli itu di kampus. Ya biarpun itu hak mereka cuma sangat disayangkan jika motivasinya seperti itu, hanya menghabiskan uang dan waktu.
Bagaimana dengan motivasi saya, sepertinya sudah saya jelaskan dipostingan sebelumnya di blog saya ini, silahkan ada baca di postingan saya sebelumnya.
Semoga tulisan ini bisa menjadikan hikmah bagi kita semua yang membaca, khususnya untuk saya sebagai penulis blog ini.
Terima kasih atas kunjungannnya, nantikan postingan selanjutnya.

Wassalamualaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment