Saturday, April 9, 2016

Minat atau Bakat ?

Assalamualaikum wr. wb.
Salam sejahtera bagi kita semua.

Minat atau bakat ? pertanyaan ini sering datang kepada kita ketika mau memilih suatu jurusan dalam pendidikan baik itu bangku sekolah SMU/SMK atau bahkan menuju perkuliahan. Jika minat kita dalam mengambil suatu jurusan sama dengan bakat kita maka itu akan menjadi sangat mudah untuk dijalani. Tapi jika minat kita dalam mengambil suatu jurusan berbeda dengan bakat kita, maka mungkin saja akan sedikit sulit dalam pembelajaran maupun pemahamannya. Bukan berarti jika bakat dan minat tidak sama maka tidak bisa mempelajari ilmu dalam jurusan yang diminati, semua bisa dipelajari dan dipahami selama ada kemauan dan usaha yang sungguh sungguh.
Contohnya seperti dosen kami yaitu Pak Witardi, beliau dari tes bakat disarankan mengambil jurusan arsitek tapi beliau minat di bidang elektronika dan komputer. Dan ternyata beliau bisa berprestasi dibidang elektronika dan komputer, yang mana Jurusan Elektronika adalah dari S1 dan Jurusan Komputer adalah dari S2 yang beliau ambil.
Intinya adalah dimana ada kemauan dan usaha maka disitu ada jalan. Yaitu jalan menuju cita-cita dan keinginan kita.
Jadi jangan menyerah jika kita menghadapi kendala dalam suatu pembelajaran. Tanyalah ke dalam diri kita, apa cita cita dan keinginan kita. Apa yang ingin kita raih. Setelah kita tahu apa yang kita cita-citakan atau inginkan maka berusahalah sekuat mungkin untuk bisa mencapainya.
Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment