Saturday, September 5, 2015

WHAT IS LEADERSHIP ?

Apa itu kepemimpinan, apa itu pemimpin?
 Ya menurut saya yang bodoh ini ada beberapa penjelasan menurut versi saya. Setelah beberapa kali ganti perusahaan dan tentu juga ganti atasan, membuat saya memperhatikan dan mengalami berbagai tipe kepemimpinan. Tidak perlu dijelaskan bagaimana kepemimpinan mereka, tapi yang pasti saya jadi tau pasti pemimpin yang bagaimana yang disukai bawahannya, saya bisa berkata seperti itu karena saya sendiri adalah bawahan yang merasakan langsung bagaimana mereka memimpin.
Hal yang utama sebagai pemimpin adalah uswatun hasanah yaitu menunjukkan dan melakukan contoh yang baik bagi bawahannya. Sebagai contoh pimpinan kerja sering datang terlambat, ini bisa jadi akan mempengaruhi bawahannya dalam perilaku kerja, atau pimpinan yang tidak masuk/tidak datang ke kantor yang tidak memberitahukan keberadaanya kepada anak buah sehingga susah dicari jika ada perlu. Nah jika sewaktu-waktu anak buahnya melakukan hal seperti atasannya tadi diatas dan atasannya marah atas perilaku anak buahnya maka jangan harap "omelannya" itu bisa merubah/memperbaiki perilaku kerja anak buahnya karena atasannya sendiri sering melakukan itu. Jadi pemimpin itu harus banyak berkaca diri.
Kemudian pemimpin itu harus bisa mengorganisasi dan memonitoring setiap anak buahnya dan pekerjaan anak buahnya, menanyakan apakah ada masalah atau tidak apakah ada kesulitan atau tidak dalam pekerjaannya, dan juga membantu kesulitan anak buahnya dalam pekerjaan maupun lingkungan kerjanya.
Pemimpin itu harus punya simpati dan empati, pemimpin yang baik adalah yang menganggap anak buahnya adalah bagian keluarganya, masalah anak buah baik dalam pekerjaan maupun dalam lingkungan kerjanya harus bisa dirasakan oleh pimpinannya sehingga bisa ada jalan keluar atas masalah-masalah tersebut. Pemimpin itu harus bisa memotivasi anak buahnya. Motivasi ini sangat penting karena sebagai bawahan yang berhubungan langsung dengan pihak luar baik itu customer atau klien atau kontraktor atau supplier yang mana pasti akan mengalami masalah dalam pekerjaannya. Masalah-masalah itulah yang bisa membuat anak buahnya mengalami penurunan semangat, disitulah pemimpin harus bisa memotivasi anak buahnya. 
Pemimpin yang baik itu harus mengesampingkan ego pribadi dan emosinya dalam memimpin, tidak menjatuhkan dan membuat bawahannya lebih merasa bersalah jika bawahannya melakukan kesalahan tapi harus lebih mengayomi, memberi peringatan yang proporsional dan mengembalikan semangat untuk memperbaiki kesalahan anak buahnya. 
Jadi pada akhirnya Pemimpin yang  baik akan membuat solid team yang dipimpinnya tersebut, pemimpin yang buruk akan membuat team yang dipimpinnya hancur perlahan-lahan. Mudah-mudahan hal yang saya tulis ini bisa memberi masukan dan mengingatkan kepada diri saya sendiri jika suatu saat saya dipercaya menjadi pemimpin untuk bisa menjadi pemimpin yang baik dan bisa memberikan uswatun hasanah, aaamiiin.

No comments:

Post a Comment