ALGORITMA
Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk menyelesaikan suatu masalah.
Penemu Algoritma: Abu Abdullah
Muhammad ibn Musa Al-Khuwarizmi, berasal dari Uzbekistan
Flowchart adalah bentuk
gambar / diagram yang mempunyai aliran satu arah atau dua arah secara
sekuensial (berurutan).
Unsur unsur pemrograman
secara garis besar adalah : input,
proses, dan output
Variabel adalah suatu tempat
yang berbentuk tipe data untuk menyimpan inputan dari program atau user yang
selanjutnya diproses dalam pemrograman tersebut.
Operator dalam pemrograman dibagi tiga, yaitu:
Operator dalam pemrograman dibagi tiga, yaitu:
- Operator aritmatika (perhitungan), yaitu: +, -, *, /, ^, mod , &
- Operator relasi / pembandingan, yaitu: =, <>, <, >, <=, >=, like
- Operator logika, yaitu: and, or, not, xor, eqv, imp
Array adalah suatu tempat
untuk menyimpan banyak data dalam sebuah tabel yang terstruktur dimana tabel
tersebut berupa nomor indeks dan harus mempunyai satu tipe data sejenis.
Array
hampir sama seperti variabel. Pengertian lain array adalah tempat
menyimpan data yang mempunyai beberapa nomor indeks yang mempuyai
satu tipe data sejenis, dimana tiap indeks bisa dijadikan tempat
penyimpanan
data / suatu nilai.
Beberapa Percabangan dalam program :
1. If …
then … else …
If
(syarat/kondisi) then
(eksekusi
proses yang dilakukan jika memenuhi syarat/kondisi if)
Else
(eksekusi
proses yang dilakukan jika tidak memenuhi syarat/kondisi if)
2. Depend
on / Case … of
Syntax case .. of dalam pascal:
Case nama_variabel of
Nilai_variabel_1
:
Begin
Proses_1;
End;
Nilai_variabel_2
:
Begin
Proses_2;
End;
Nilai_variabel_ke-n
:
Begin
Proses_ke-n;
End;
Else
Begin
Proses_lainnya;
End;
End;
Perulangan (looping) dalam program :
Pengulangan mempunyai beberapa bagian yang harus
dipenuhi, antara lain :
1. Inisialisasi
: tahap persiapan membuat kondisi awal sebelum melakukan pengulangan, misalnya
mengisi variabel dengan nilai awal
2. Proses
: berisi semua proses yang dilakukan berulang-ulang.
3. Iterasi
: iterasi terjadi di dalam pengulangan dimana merupakan kondisi pertambahan
agar pengulangan dapat terus berjalan
4. Terminasi
/ Kondisi pengulangan : Kondisi berhenti dari pengulangan
Macam – macam perulangan dalam program :
1. For
Pengulangan
for biasanya digunakan untuk pengulangan yang sudah jelas perlu dilakukan
berapa kali pengulangan.
Tipe pengulangan yang telah diketahui jumlah pengulangan yang harus dilakukan biasanya disebut TRAVERSAL
Syntax for dalam pascal :
For nama_variabel := nilai_awal to nilai berhenti do
Begin
Proses
End;
2. While
Pengulangan while biasanya digunakan
jika jumlah pengulangan tidak diketahui pasti.
Syntax while dalam pascal :
Nama_variabel
:= nilai_awal ; {inisialisasi/persiapan}
While kondisi_pengulangan do
Begin
Proses
Nama_variabel
:= nama_variabel + 1;
{iterasi/kondisi pertambahan untuk perulangannya}
End;
3. Repeat
Pengulangan
repeat biasanya digunakan jika jumlah perulangan tidak diketahui, namun berbeda
dengan while karena kondisi pengulangan ada di bagian bawah blok pengulangan.
Pengulangan
repeat minimal selalu dilakukan sekali karena kondisi pengulangan ada di bagian
bawah, berbeda dengan pengulangan while yang saat pertama kali masuk blok
pengulangan dilakukan pengecekan kondisi pengulangan.
Syntax dalam pascal :
Begin
Nama_variabel
:= nilai_awal ; {inisialisasi / persiapan
mengisi nilai awal}
Repeat
Begin
Proses;
Nama_variabel := nama_variabel
+ 1; {iterasi/kondisi pertambahan
untuk perulangannya}
End;
Until kondisi_pengulangan;
End.
No comments:
Post a Comment