Monday, November 2, 2015

Rangkuman Algoritma


ALGORITMA

Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk menyelesaikan suatu masalah.

Penemu Algoritma: Abu Abdullah Muhammad ibn Musa Al-Khuwarizmi, berasal dari Uzbekistan

Flowchart adalah bentuk gambar / diagram yang mempunyai aliran satu arah atau dua arah secara sekuensial (berurutan).

Unsur unsur pemrograman secara garis besar adalah : input, proses, dan output

Variabel adalah suatu tempat yang berbentuk tipe data untuk menyimpan inputan dari program atau user yang selanjutnya diproses dalam pemrograman tersebut.

Operator dalam pemrograman dibagi tiga, yaitu:
  • Operator aritmatika (perhitungan), yaitu:  +, -, *, /, ^, mod , &
  • Operator relasi / pembandingan, yaitu:  =, <>, <, >, <=, >=, like
  • Operator logika, yaitu:  and, or, not, xor, eqv, imp


Array adalah suatu tempat untuk menyimpan banyak data dalam sebuah tabel yang terstruktur dimana tabel tersebut berupa nomor indeks dan harus mempunyai satu tipe data sejenis.

Array hampir sama seperti variabel. Pengertian lain array adalah tempat menyimpan data yang mempunyai beberapa nomor indeks yang mempuyai satu tipe data sejenis, dimana tiap indeks bisa dijadikan tempat penyimpanan data / suatu nilai.


Beberapa Percabangan dalam program :

     1.    If … then … else …
If (syarat/kondisi) then
(eksekusi proses yang dilakukan jika memenuhi syarat/kondisi if)
Else
(eksekusi proses yang dilakukan jika tidak memenuhi syarat/kondisi if)

      2.    Depend on / Case … of
Syntax case .. of dalam pascal:
Case nama_variabel of
Nilai_variabel_1 :
Begin
Proses_1;
End;
Nilai_variabel_2 :
Begin
Proses_2;
End;
Nilai_variabel_ke-n :
Begin
Proses_ke-n;
End;
Else
Begin
Proses_lainnya;
End;
End;


Perulangan (looping) dalam program :
Pengulangan mempunyai beberapa bagian yang harus dipenuhi, antara lain :
     1.  Inisialisasi : tahap persiapan membuat kondisi awal sebelum melakukan pengulangan, misalnya mengisi variabel dengan nilai awal
     2.  Proses : berisi semua proses yang dilakukan berulang-ulang.
     3.  Iterasi : iterasi terjadi di dalam pengulangan dimana merupakan kondisi pertambahan agar pengulangan dapat terus berjalan
     4.  Terminasi / Kondisi pengulangan : Kondisi berhenti dari pengulangan


Macam – macam perulangan dalam program :
     1.  For
Pengulangan for biasanya digunakan untuk pengulangan yang sudah jelas perlu dilakukan berapa kali pengulangan.

Tipe pengulangan yang telah diketahui jumlah pengulangan yang harus dilakukan biasanya disebut TRAVERSAL

Syntax for dalam pascal :
For nama_variabel := nilai_awal  to nilai berhenti do
Begin
Proses
End;


      2.  While
Pengulangan while biasanya digunakan jika jumlah pengulangan tidak diketahui pasti.
Syntax while dalam pascal :
Nama_variabel  :=  nilai_awal ;  {inisialisasi/persiapan}
While kondisi_pengulangan do
Begin
Proses
Nama_variabel := nama_variabel + 1; {iterasi/kondisi pertambahan untuk perulangannya}
End;


      3.  Repeat
Pengulangan repeat biasanya digunakan jika jumlah perulangan tidak diketahui, namun berbeda dengan while karena kondisi pengulangan ada di bagian bawah blok pengulangan.
Pengulangan repeat minimal selalu dilakukan sekali karena kondisi pengulangan ada di bagian bawah, berbeda dengan pengulangan while yang saat pertama kali masuk blok pengulangan dilakukan pengecekan kondisi pengulangan.

Syntax dalam pascal :
Begin
Nama_variabel := nilai_awal ;  {inisialisasi / persiapan mengisi nilai awal}
Repeat
Begin
Proses;
Nama_variabel := nama_variabel + 1;  {iterasi/kondisi pertambahan untuk perulangannya}
End;
Until kondisi_pengulangan;

End.

No comments:

Post a Comment